pgs-logo.png
E-KTKLN (Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri)

E-KTKLN (Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri) merupakan kartu identitas bagi TKI dan sekaligus sebagai bukti bahwa TKI yang bersangkutan telah memenuhi prosedur yang ditetapkan untuk bekerja ke luar negeri dan berfungsi sebagai instrumen perlindungan baik pada masa penempatan (selama bekerja di luar negeri) maupun pasca penempatan (setelah selesai kontrak dan pulang ke tanah air). – dikutip dari laman ; lpkwiratama.com


Syarat Dokumen yang di Perlukan:


Untuk mendaftar E-KTKLN berikut dokumen yang Anda perlukan :

  1. Kunjungi situs BNP2TKI
  2. Masukkan data diri sesuai KTP.
  3. Masukkan data orang tua sesuai Kartu Keluarga.
  4. Masukkan data perusahaan sesuai Kontrak Kerja.
  5. Masukkan tempat melakukan medical cek up sesuai dokumen medical cek up.
  6. Upload scan medical chck up, kontrak kerja, paspor bagian depan, dan Coe.
  7. Selesai. Dan print/simpan bukti pendaftaran online sebagai PDF.

Kapan harus membuat E-KTKLN?


Waktu pembuatan E-KTKLN adalah setelah COE sudah diterima dan sebelum mengajukan Visa. Karena salah satu syarat untuk membuat E-KTKLN adalah COE maka, E-KTKLN harus segera dibuat setelah COE turun sebelum mengajukan Visa Tokutei Ginou, karena untuk pengajuan Visa Tokutei Ginou tidak bisa tanpa adanya E-KTKLN.


Alur  Pembuatan E-KTKLN


  1. PENDAFTARAN ON LINE

Setelah berkas-berkas tersebut lengkap, maka Langkah selanjutnya melakukan pendaftaran online.

1). Kunjungi situs BNP2TKI

2). Masukan data sesuai KTP

3). Masukan data orang tua sesuai Kartu Keluarga.

4). Masukan data perusahaan sesuai kontrak kerja.

5). Masukan tempat melakukan medical Cek up sesuai dokumen mediclcek up.

6). Upload scan medical cek up,kontrak kerja, paspor bagian depan, dan Coe

7). Selesai . Dan Print/simpan bukti pendaftaran online sebagai PDF


Hal yang harus diperhatikan dalam pengisian dan pertanyaan yang sering diajukan saat melakukan pendaftaran online :


1). Anda bisa memproses E-KTKLN dengan paspor yang sudah habis masa berlakunya. Anda bisa mencetak bukti pendaftaran melalui pilihan yang ada setelah selesai melakukan pendaftaran ulang. Bukti ini bisa digunakan sebagai rekomendasi perpanjangan paspor di Kantor Imigrasi yang ditunjuk saat melakukan pendaftaran online.

2). Mengenai informasi perusahaan, Anda bisa melihat dari kontrak kerja yang telah discan. Buka pada lembar 参考様式第 参考様式第 1- 6号 dengan judul 雇用条件書. Disitu Anda bisa melihat Nama perusahaan, alamat dan Nomor Telp perusahaan.

3) Mengenai tanggal awal berlaku dan berakhirnya PK, Anda bisa melihat di lembar yang sama, di poin I. Lama kontrak akan berpengaruh pada Nominal Asuransi Kesehatan yang akan dibayar pada proses selanjutnya.

4). Mengenai besaran gaji, Anda bisa melihatnya di perjanjian kerja poin VII. 賃金.

5). Untuk nomor PK, saya isi dengan nomor COE.

6). Cek tanggal pemeriksaan di MCU anda, jika sudah lebih dari 3 bulan sejak pemeriksaan, maka Anda harus melakukan medical ulang, karena persyaratan utama adalah kurang dari 3 bulan.

7). Cek lokasi terdekat dari Anda untuk penerbitan E-KTKLN ini.


2. PEMBAYARAN JAMINAN SOSIAL PMI (BPJS)


Setelah selesai melakukan pendaftaran online, maka muncul bukti pendaftaran online. Simpan ini sebagai PDF dan print. Di bagian bawah bukti pendaftaran terdapat kode billing dan nominal yang harus Anda bayar sebagai Jaminan Sosial PMI. Nominal ini bervariasi tergantung lama kontrak kerja masing-masing PMI.

Mengenai tempat pembayaran, biasanya di kantor BP3TKI terdapat kantor BPJS dalam satu lokasi. Anda bisa melakukan pembayaran disana dan bisa menghemat waktu.


3. VERIFIKASI DAN PENCETAKAN E-KTKLN


Langkah terakhir dari pembuatan E-KTKLN adalah verifikasi dan pencetakan. Bawa dokumen dibawah ini untuk melakukan verifikasi di kantor BP3TKI terdekat:

  • Paspor Asli
  • COE Asli
  • Scan Medical Check Up
  • Scan Kontrak Kerja
  • Kartu BPJS yang diterima saat pembayaran

Masuk di bagian KTKLN, dan Anda akan diminta berkas-berkas tersebut diatas. Setelah tidak ada kekurangan dan kesalahan data, maka Anda akan diminta foto dan fingering sidik jari.

Setelah proses diatas dilakukan semua, maka tinggal menunggu kartu E-KTKLN. Kartu hanya berupa print copy dengan legalisir dari kantor BP3TKI. Kartu ini yang akan dibawa untuk proses pengajuan visa nantinya.


Lama Proses pembuatan E-KTKLN


Lama pembuatan kartu ini tergantung dari jarak tempat tinggal Anda dengan kantor BP3TKI. Jika dekat maka untuk kesemua proses diatas bisa dilakukan dalam 1 harikerja.

Untuk pendaftaran online hanya membutuhkan waktu 5-10 menit jika semua syarat terpenuhi.

Langkah selanjutnya adalah pembayaran BPJS. Ini juga bergantung pada jarak tempat tinggal Anda dengan kantor BPJS. Biasanya di kantor BP3TKI juga terdapat kantor BPJS. Anda bisa membayarnya disini.


Untuk proses verifikasi, tergantung antrian pada hari tersebut. Untuk 1 orang, memerlukan waktu kurang lebih 5 menit untuk proses verifikasi data, foto dan fingering.

Artikel ini di harapkan dapat membantu proses renca kerja Anda keluar negeri. Namun jika anda memerlukan layanan kami silahkan dapat menghubungi kami di WA.+62 87889094242

– dikutip dari laman ; lpkwiratama.com


Baca Juga Link : Visa Kerja Kuwait