pgs-logo.png
Syarat Menikah WNA

Syarat-syarat yang diperlukan  Menikah dengan WNA


Pada era globalisasi Menikah dengan warga negara asing atau WNA adalah hal yang biasa terjadi orang dari seluruh penjuru dunia. Sehingga tidak heran jika ada banyak orang Indonesia yang memiliki pasangan dari negara lain.

Menikah dengan WNA akan sangat berbeda daripada menikah dengan sesama suku dan warga Selain berbeda kultur, mengurus dokumen sebagai syarat menikah dengan WNA juga lebih rumit dari pada menikah dengan WNI.


Meski syarat menikah dengan WNA cukup rumit, ternyata hal itu tidak membuat orang-orang menyerah untuk tidak menikah dengan WNA. Apalagi menikah dengan WNA merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Syarat menikah dengan WNA yang sulit dan membutuhkan waktu lama pun tidak membuat orang menjadi merasa berat.


Syarat Dokumen yang Dibutuhkan WNA



Surat pertama yang harus diurus oleh WNA yang akan menikah dengan WNI adalah CNI atau Certificate of No Impediment. CNI adalah surat keterangan yang menyatakan bahwa WNA tersebut dalam keadaan lajang atau tidak memiliki status perkawinan

Untuk mendapatkan CNI syaratnya adalah dengan membawa beberapa dokumen. Dokumen yang dibutuhkan adalah, akta kelahiran asli, kartu tanda penduduk dari negara asal, paspor, bukti tempat tinggal atau surat domisili, dan formulir pernikahan yang berasal dari kedutaan negara WNA tersebut.


Setelah mendapatkan CNI, masih ada banyak dokumen lagi yang harus dilengkapi sebagai

 syarat menikah dengan WNA.


Warga negara asing tersebut harus menyiapkan dokumen berikut dalam bentuk sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh penerjemah tersumpah. Dan dokumnen tersebut akan disahkan oleh kedutaan negara WNA tersebut berasal yang berada di Indonesia.


  1. Fotokopi paspor
  2. Fotokopi akta kelahiran
  3. Fotokopi kartu identitas dari negara asal
  4. Surat keterangan domisili
  5. Surat keterangan tidak dalam status pernikahan
  6. Akta cerai jika pernah menikah sebelumnya.
  7. Akta kematian pasangan jika pernah menikah dan pasangannya meninggal.
  8. Pas foto 2x3 sebanyak 4 lembar dan 4x6 sebanyak 4 lembar
  9. Jika seorang mualaf maka harus menyertakan surat keterangan mualaf.

Syarat Dokumen yang Dibutuhkan WNI


Menyiapkan dokumen sebagai syarat menikah dengan WNA, ada baiknya untuk menduplikasi dokumen tersebut sebanyak mungkin. Karena dokumen yang nantinya diserahkan kepada pihak kedutaan tidak akan dikembalikan lagi.

Dokumen pertama yang harus diurus oleh pasangan WNI yang akan menikahi WNA adalah membuat surat pengantar di tingkat RT/RW yang memberikan pernyataan bahwa tidak ada halangan untuk melangsungkan pernikahan.

Kemudian pada tingkat kelurahan dan kecamatan, akan membutuhkan formulir N1, N2, dan N4. Pada formulir N3 hanya khusus untuk yang menikah di KUA.

Setelah itu membawa fotokopi kartu keluarga,buku nikah orang tua jika anak pertama.

Tak lupa fotokopi KTP bagi  dua orang saksi pernikahan. Pas foto 2x3 sebanyak 4 lembar dan 4x6 sebanyak 4 lembar. Bukti pembayaran PBB dan perjanjian pra nikah bila ada.

Setelah dokumen tersebut lengkap, Sahabat masih harus menyerahkan beberapa dokumen lagi ke kedutaan asing. Seperti akta kelahiran asli dan fotocopy, fotokopi surat N1, N2, N4 dan jika memiliki perjanjian pra nikah dapat diserahkan juga.

Setelah itu, Sahabat akan menunggu agar berkas tersebut diperiksa dan akan dikabari lebih lanjut oleh orang kedutaan.


Syarat menikah dengan WNA tersebut dibuat akan masing-masing warga negaranya terlindungi. Tentu jika memang berniat menikahi warga negara asing, serumit apa pun syarat menikah dengan WNA akan dilakukan.


KESIMPULANYA SYARAT MENIKAH BAGI WNI A.L

Dokumen untuk WNI:


  1. Surat pengantar RT/RW yang menyatakan bahwa tidak ada halangan untuk melangsungkan pernikahan.
  2. Formulir N1, N2, dan N4 dari Kelurahan dan Kecamatan
  3. Formulir N3 khusus yang menikah di KUA (surat persetujuan mempelai yang harus ditandatangani oleh kedua mempelai)
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi Akta Kelahiran
  6. Data orangtua calon mempelai
  7. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  8. Buku nikah orangtua (hanya jika anda anak pertama)
  9. Data dua orang saksi pernikahan dan fotokopi KTP yang bersangkutan
  10. Pasfoto 2×3 (4 lembar) dan 4×6 (4 lembar)

Demikian, semoga artikel ini dapat membantu bagi para WNI/WNA yang akan melakukan campuran. Semoga dapat membantu dan mempelancar rencana yang sudah lama di programkan.